Selasa, 18 Juli 2017

Cara Berternak Ayam Petelur

Cara Berternak Ayam Petelur

cara beternak ayam petelur
cara beternak ayam petelur
Pada artikel ini menjelaskan bagaimana berkembang biak ayam petelur yang dikembangkan baik di indonesia dan  seluruh dunia dan jika dan bagaimana program pemuliaan harus disesuaikan untuk sistem jelajah dan organik bebas. 

Perhatikan hasil kutipan dari sebuah media cetak :
Dari hasil bisnis berternak ayam petelur, Anda bisa meraih omzet lebih 60 juta per bulan. Bisnis ayam petelur ini berbeda dengan yang lainnya. Seorang Pengusaha ayam petelur Asrori (22), warga Desa Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Setiap ayam petelurnya mampu bertelur lebih dari 2 kali dalam sehari.

Saat ditemui ditempat ternaknya, Asrori menceritakan pada umumnya setiap ayam petelur mampu bertelur sebanyak 1 sampai 2 kali dalam sehari. Namun berbeda miliknya, karena dengan cara beternak yang berbeda, memapu membuat ayamnya bertelur lebih dari 2 kali dalam sehari.

Setiap hari dirinya memberi pakan ternaknya dengan campuran dedak atau bekatul, jagung halus dan beberapa tumbuhan yang dihaluskan. Jarak pemberian makan dan minum sehari 3 kali, dengan takaran khusus. Hal ini untuk meyeimbangkan gizi pada ayam dan telurnya.

Untuk jamunya atau tambahan vitamin kita beri bekicot yang halus. Agar lendir hilang, saya beri dedak. Awalnya sulit makan, namun lama-lama akan terbiasa,” ujarnya.

Tambahan makanan dari daging bekicot untuk menambah protein dan mempercepat proses bertelur. Selain itu, harus dijaga kebersihan kandangnya. Jangan sampai ada ulat atau kotoran yang membusuk menjadi penyakit dan muncul hewan pengerat. Karena hal ini dapat membuat ayam stres dan mengganggu proses bertelurnya.

Ditanya hasil bisnis ayam petelur, setiap harinya, dari 1000 ayam miliknya mampu menghasilkan 2.000 sampai 3.500 telur atau sekitar 200 Kg. Setiap 1 Kg telur mampu terjual Rp. 18 ribu.

Sedangkan biaya operasional, setiap harinya dirinya harus mengeluarkan baiya sebesar Rp. 1 juta. Biaya tersebut dipergunakan untuk membeli pakan dan lainnya.  ”Keuntungan itu bisa diprediksi, namun terkadang ayam mati atau lainnya itu sudah ada hitungannya. Kalau bersih sebulan mencapai Rp. 60 juta, bagaimana sangat menggiurkan bukan?

Di seluruh dunia semua unggas komersial diproduksi oleh perusahaan pengembangbiakan. Ketika industrialisasi produksi unggas dimulai, setiap negara memiliki banyak perusahaan pengembangbiakan kecil, namun konsolidasi besar terjadi seiring dengan meningkatnya kebutuhan global produksi unggas.
Saat ini dua (keluarga pemilik) perusahaan mendominasi pasar dunia untuk pembibitan lapisan, meski jumlahnya lebih kecil

Perusahaan lokal beroperasi juga, tapi kebanyakan untuk pasar khusus. Pembibitan untuk produksi daging unggas terkonsentrasi di tiga perusahaan pengembangbiakan (salah satunya terkait dengan salah satu perusahaan pengembangbiakan lapisan; satu adalah milik keluarga, dan satu merupakan anak perusahaan dari perusahaan saham yang terdaftar).

Catatan ini berfokus pada pemilihan ayam petelur, meskipun dalam semua kasus, pemuliaan unggas komersial mengikuti sistem yang sama: di dalam perusahaan sejumlah besar garis murni dipilih untuk berbagai sifat. Garis-garis ini dilintasi dalam kombinasi spesifik untuk mengantarkan orang tua dari ayam petelur komersial atau ayam pedaging komersial. Ayam komersial atau ayam pedaging dengan demikian disebut salib 4 arah. Karena skema penyeberangan kemampuan yang berbeda bisa digabungkan. Dan ada efek positif yang jelas dari heterosis, mis. Fakta bahwa hibrida atau silang sangat sesuai dengan kedua garis induk. Meskipun tidak ada informasi umum atau terkini mengenai perbandingan kinerja burung garis lurus versus lintas garis yang tersedia, dari teori dan perbandingan eksperimental lebih dari 50 tahun yang lalu, masih dapat diasumsikan bahwa ayam cross line melakukan 10 sampai 40 persen lebih baik daripada yang murni. Line ayam. Perbaikan terbesar dapat dilihat pada sifat rendah yang dapat diwariskan, seperti sifat hidup dan sifat reproduktif.

Ayam perajang paling komersial di dunia dijaga dalam kelompok kecil di dalam kandang, meskipun di beberapa bagian dunia ada kecenderungan bahwa ayam petelur yang semakin banyak ditempatkan dalam kelompok besar dan beberapa di antaranya bahkan dengan akses luar ruangan. Ini Jenis perumahan menyiratkan persyaratan baru untuk ayam betina. Perilaku sosial jauh lebih penting, seperti perilaku sarang dan temperamen yang baik yang mencegah tercekik dan mematuk satu sama lain. Untuk ayam petelur, produksi telur per ayam, konversi pakan dan kualitas kerang juga merupakan ciri ekonomi yang penting. Untuk mengukur potensi genetik ayam,

Data tentang produksi telur individu diperlukan, yang cukup mudah saat ayam betina disimpan di kandang (individu), tapi banyak
Lebih rumit untuk ayam betina yang disimpan dalam kelompok. Dalam hal ini Sarang perangkap adalah prasyarat dan juga bisa menilai sarang lebah (untuk menghilangkan telur lantai). Perangkap nesting dapat dilakukan secara mekanis meskipun pelacakan elektronik dan penelusuran telur berikutnya masih dalam tahap awal dan memerlukan investasi yang tinggi untuk mengurangi tenaga kerja yang diperlukan untuk memeriksa sarang. Akurasi rekaman adalah kunci keberhasilan pembiakan program.

Pengujian sampel secara acak
Di masa lalu, ketika masih banyak perusahaan pengembangbiakan, tes sampel acak disebut digunakan di banyak negara. Sampel telur penetasan silang komersial dikirim secara acak ke stasiun pengujian dan kinerjanya dibandingkan dengan kondisi yang sama.

'Keturunan kasar'
Dalam produksi organik ada beberapa permintaan untuk apa yang disebut breed pedesaan yang harus lebih kuat dibandingkan dengan yang dipelihara untuk produksi kandang. 

Mengkonsumsi kualitas dan sifat sensoris dari breed pedesaan
Lebih banyak breed pedesaan tersedia untuk daging daripada untuk produksi telur. Alasan utama adalah bahwa daging dari breed pedesaan berbeda secara signifikan dalam rasa dan tekstur dari daging unggas standar karena usia pembantaian yang lebih tua dari yang sebelumnya memberi rasa ayam lebih kencang dan daging lebih kencang. Ada pasar kecil tapi signifikan untuk masakan ayam dengan masakan tinggi ini. Jenis keturunan giat lebih berat daripada genotipe lapisan saat ini, namun jauh lebih ringan dan lebih lambat tumbuh daripada stok broiler komersial.

Dengan telur, hampir tidak mungkin untuk membedakan kualitas makan dan bahkan kurang rasanya dari telur standar. Hanya dengan diet yang dirancang dengan baik, dimungkinkan untuk memodifikasi komposisi asam lemak, pigmen yang menghasilkan warna kuning telur, atau kandungan beberapa mineral. Tidak ada perbedaan selera karena berkembang biak atau perumahan telah ditemukan untuk telur dalam tes buta.
Namun, ada pasar minoritas untuk telur khusus, yang seringkali berbasis pada warna kulit atau ukuran telur. Misalnya keturunan Maran dari Perancis mendapatkan nilainya dari warna kulit coklat gelap yang luar biasa dan di Asia telur kecil dengan warna krem ​​(telur berwarna) dari bibit lokal terkadang mendapatkan harga premium sebagai 'telur kampung'.
Variasi kualitas dan warna kulit jelas terkait dengan genetika. Untuk perusahaan pengembangbiakan besar kerang telur yang kuat dan warna kulit khusus yang seragam (berkilau, putih murni, atau coklat tua, dll.) Adalah kriteria seleksi yang penting.

Kembangkan lapisanmu sendiri?
Petani organik, khususnya, memiliki preferensi untuk mengembangbiakkan hewan mereka sendiri, apapun spesiesnya. Pada prinsipnya hal ini mungkin dilakukan dengan ayam petelur, namun dalam skala komersial, dalam praktik mungkin tidak, karena beberapa alasan:
Pertama, keunggulan dalam kinerja dan biosekuriti yang dikomunikasikan perusahaan komersial dengan program seleksi intensif dan skema penyeberangan sulit untuk dicocokkan dengan peternak skala kecil.

Kedua, bahkan ternak produksi telur komersial organik agak besar, yang menyiratkan investasi pada peralatan inkubasi dan keterampilan untuk menetas ayam generasi berikutnya. Ayam petelur bisa menghasilkan lebih dari 365 hari, dan jika penyamak hanya untuk penggunaan sendiri, pendudukan berkala semacam itu tidak mungkin memberi biaya atau keberhasilan yang dapat diterima dalam prosesnya. Di sisi lain, jika anak ayam,


EmoticonEmoticon